YURISTGAMEINIGAMEID101

Apa itu Sejarah ? Berikut Pengertian Sejarah Berdasarkan Asal Usul Katanya

   Apa itu sejarah ? Jelaskanlah pengertian sejarah ! Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pengetahuan sejarah menjadi sangat penting. Dengan mempelajari sejarah, kita akan mendapatka gambaran tentang kehidupan masyarakat di masa lampau. Peristiwa yang terjadi di masa lampau dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa di masa yang akan datang.

Arti Kata Sejarah Berdasarkan Asal Usulnya Katanya
   Dilihat berdasarkan asal usul katanya, sejarah berasal dari bahasa Arab aitu Syajaratun yang artinya pohon. Jika diibaratkan, sejarah merupakan sebuah pohon yang puncaknya lancip atau tunggal.

    Dalam hal ini pengertian sejarah mengacu pada keturunan, asal-usul, riwayat, atau silsilah raja-raja yang secara sekilas tampak seperti gambaran pohon. Oleh karena itu, sejarah dapat diartikan sebagai cerita atau kisah tentang silsilah keluarga ataupun raja-raja pada masa lampau. Kata sejarah dari bahasa Arab inilah yang kemudian diserap ke dalam bahasa Melayu atau bahasa Indonesia.

   Dalam bahasa Inggris (history) berarti ilmu yang menelaah hal ihwal manusia dalam urutan kronologis. Kata history berasal dari bahasa Yunani, yaitu historia yang berarti informasi dan pencarian. Aristoteles menggunakan kata historia untuk menjelaskan suatu penelaah sistematis mengenai seperangkat gejala alam, baik menyangkut susunan kronologis maupun tidak.

   Dalam bahasa Jerman (geschichte) artinya sesuatu yang telah terjadi.
   Dalam bahasa Belanda (geschiedenis dari kata geschieden) yang artinya sesuatu yang telah terjadi.

   Sejarah dan manusia tidak dapat dipisahkan. Keduanya terus berkembang secara beriringan mulai dari kehidupan manusia yang paling sederhana sampai pada tingkat modern, bahkan pada tingkat yang lebih maju.

Tags :
Apa itu sejarah ? Jelaskan pengertian sejarah !
Jelaskan pengertian sejarah menurut bahasa Arab
Jelaskan pengertian sejarah menurut bahasa Yunani
Jelaskan pengertian sejarah menurut bahasa Inggris
Jelaskan pengertian sejarah menurut bahasa Jerman
Jelaskan pengertian sejarah menurut bahasa Belanda
Apa itu sejarah secara bahasa ? Jelaskan pengertian sejarah secara bahasa !
loading...

About Author

Related Post