YURISTGAMEINIGAMEID101

Inilah 10 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah (Lengkap)

   Sebutkan pengertian sejarah menurut para ahli sejarah! Secara umum pengertian Sejarah adalah kejadian yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan-peninggalan tersebut adalah sumber sejarah. Sejarah dapat juga diartikan sebagai cabang ilmu yang mengkaj secara sistematis keseluruhan perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehidupannya yang terjadi di masa lampau.

   Lalu bagaimana pengertian sejarah menurut para ahli terkemuka ? Berikut kami paparkan 10 pengertian sejarah menurut para ahli yang dapat kalian jadikan referensi pembelajaran.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
1. Herodotus
   Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, tetapi bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. Herodotus adalah seorang ahli sejarah berkebangsaan Yunani yang mendapatkan julukan Father of Histor atau Bapak Sejarah. Kerya pertama Herodotus adalah buku Perang Persia yang bercerita tentang perang panjang antara Yunani Kuno dan Persia (510-484 SM).

2. Aristoteles
   Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti kejadian tersusun dalam bentuk kronologi, dan semua peristiwa masa lalu mempunyai catatan dan bukti-bukti yang kuat. Menurutnya, sejarah berbeda dengan puisi dan filsafat. Sejarah berhubungan dengan hal-hal partikular dan hal-hal aktual yang sudah terjadi. Sebaliknya, puisi dan filsafat berhubungan dengan hal universal dal hal-hal yang ada atau mungkin ada.

3. Ibnu Khaldun
   Menurut Ibnu Khaldun yang mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

4. Moh. Hatta
   Sejarah bukan sekadar melahirkan ceritera dari kejadian masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekedar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.

5. Moh. Ali
   Pengertian sejarah menurut R.Mohammad Ali adalah keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadia atau ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau. 

6. Moh. Yamin
   Sejarah menurut Moh. Yamin, SH adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan

7. Francis Balcon
   Berdasarkan materi pokokna sejarah berbeda dengan disiplin ilmu lainnya. Sejarah mempelajari hal-hal yang berkisar dalam waktu dan tempat dengan menggunakan ingatan sebagai instrumen esensialnya.

8. Thomas Carlyle
   Pengertian sejarah menurut Thomas Carlyle adalah peristia masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang yang dikenal. Mereka, adalah penyelamat pada zamannya. Mereka merupakan orang-rang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah.  

9. Roeslan Abdulgani
   Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani adalah ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya; dengan masuks untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan-pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres di masa depan. 

10. W.J.S. Poerwadarminta
   Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Poerwadarminta menguraikan tiga pengertian sejarah sebagai berikut :
a. Sejarah adalah kesustraan lama, silsilah, dan asal-usul.
b. Sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
c. Sejarah adalah ilmu pengetahuan, cerita, atau pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

   Demikianlah artikel mengenai 10 pengertian sejarah menurut para ahli sejarah. Semoga informasi yang ada dalam artikel diatas dapat menjadi referensi pembelajaran buat kalian semua. Sekian, Terimakasih Telah Berkunjung Sobs ^.^

Tags :
Sebutkan pengertian sejarah menurut para ahli sejarah !
Pengertian lengkap sejarah menurut para ahli sejarah
Contoh pengertian sejarah menurut para ahli sejarah
Apa itu sejarah ? Jelaskan pengertian sejarah menurut para ahli sejarah !

Pengertian sejarah secara bahasa, Pengertian sejarah secara umum
loading...

About Author

Related Post

1 komentar:

avatar