YURISTGAMEINIGAMEID101

4 Pembabakan Zaman di Bumi Berdasarkan Geologi [Lengkap Beserta Penjelasan]


       Pembabakan Zaman di Bumi Berdasarkan Geologi [Lengkap Beserta Penjelasan]
Berdasarkan Geologi (ilmu yang mempelajari lapisan kulit bumi), ternyata zaman yang terbentuk dari awal mula bumi hingga sekarang ada 4 zaman. Lalu zaman apa sajakah itu ? Mengenai masalah itu, kami akan membahasnya secara ringkas dibawah ini.


Pembabakan Zaman

1. Zaman Azoikum atau Zaman Arkaekum
      Disebut juga sebagai zaman tertua. Zaman ini berlangsung sekitar 2500 juta tahun, saat itu keadaan di bumi masih belum stabil dan masih panas karena sedang dalam proses pembentukan. oleh karena itu pada jaman ini tidak ada tanda-tanda kehidupan. Karena bumi masih dalam pembentukan.

2. Zaman Paleozoikum 
      Disebut juga sebagai zama kehidupan tertua. Zaman ini berlangsung sekitar 340 juta tahun, saat itu keadaan di bumi masih belum stabil dan masih terus berubah. Akhir dari jaman ini ditandai kehidupan yaitu dari hewan bersel satu atau mikroorganisme. Pada zaman ini juga terdapat kehidupan sederhana terurtama di laut, seperti ubur ubur, udang, siput, dan lainnya. Karena itulah maka jaman ini dinamakan pula dengan jaman primer (jaman kehidupan pertama ).

3. Zaman Mesozoikum
      Disebut juga sebagai zaman kehidupan pertengahan. Yang mana berarti, disinilah proses kehidupan utama berlansung. Zaman ini di perkirakan berlangsung sekitar 140 juta tahun. Pada Zaman ini kehidupan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pohon-pohon besar muncul, amphibi mengalami perkembangan, bahkan jenis reptil mencapai bentuk yang sangat besar sekali seperti dinosaurus tyrannosaurus, brontosaurus , atlantosaurus. 

      Zaman ini dinamakan jaman sekunder (kehidupan ke-2), Tetapi ada pula yyang menyebutnya zaman reptil. Karena ada banyak sekali reptil yang berkeliaran dari kalangan berukuran besar sampai yang kecil. Pada akhir zaman ini mulai muncul jenis mamalia .

4. Zaman Neozoikum
      Disebut juga sebagai zaman kehidupan baru. Zaman ini memilki nama lain yaitu Kainozoikum. Zaman ini di perkirakan berlangsung sekitar 60 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumi telah membaik, perubahan cuaca tidak begitu besar dan kehidupan berkembang dengan pesat .

      Zaman neozoikum dibedakan atas 2 zaman, yaitu zaman tersier dan zama kuarter.
A. Zaman Tersier
    Pada zaman tersier ditandai oleh munculnya tenaga endogen yang dahsyat sehingga melipat dan mematahkan lapisan kulit bumi. Akibatnya terbentuklah rangkaian pegunungan besar di seluruh dunia. Pada zaman tersier, reptil raksasa mulai lenyap, mamalia berkembang pesat. Zaman ini berkisar saat 70-3 juta tahun yang lalu. 

B. Zaman Kuarter
    Pada zaman kuarter dimulai sejak sekitar 600.000 tahun yang lalu. Zaman kuarter dibagi menjadi 2 kala, yaitu Kala Pleistosen dan Kala Holosen.

    Kala Pleistosen berlangsung sekitar 600 ribu tahun yang lalu, mulai muncul kehidupan manusia purba. Jaman ini dinamakan pula jaman glacial (jaman es) karena es di kutub utara mencair sehingga menutupi sebagian wilayah Eropa Utara, Asia Utara dan Amerika Utara.

   Kala Holosen, pada masa ini kepulauan Indonesia telah terbentuk dan tidak lagi menyatu dengan Asia maupun Australia.  Jenis manusia pertama yang migrasi dari Asia ke Indonesia sudah  tidak ada dan digantikan oleh jenis manusia cerdas (homo sapiens).

       Demikianlah ulasan dari saya mengenai Pembabakan zaman di Bumi Berdasarkan Geologi. Apabila ada kesalahan maupun kekurangan, mohon bantuannya dengan komentarnya sehingga saya bisa memperbaiki artikel diatas lagi. Dan agar bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Tags :
4 Pembabakan Zaman di Bumi Berdasarkan Geologi [Lengkap Beserta Penjelasan]
Pembabakan Zaman Arkaekum, Palezoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum
Apa Itu Zaman Arkaekum ?
Apa itu Zama Palezoikum ?
Apa itu Zaman Mesozoikum ?
Apa itu Zaman Neozoikum ?
Pembabakan Zaman di Bumi Berdasarkan Geologi [Lengkap Beserta Penjelasan]
Pengertian dan Penjelasan Mengenai Zaman Arkaekum, Palezoikum, Mesozoikum, Neozoikum
loading...

About Author

Related Post