YURISTGAMEINIGAMEID101

47 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah (Lengkap)

   Sebutkan pengerian sejarah menurut para ahli sejarah ! Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pengetahuan sejarah menjadi sangat penting. Dengan mempelajari sejarah, kita akan mendapatka gambaran tentang kehidupan masyarakat di masa lampau. Peristiwa yang terjadi di masa lampau dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa di masa yang akan datang.

   Pengertian sejarah menurut bahasa terbagi dua yaitu pengertian sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti sempit, pengertian sejarah adalah kejadian atau peristiwa. Sedangkan pengertian sejarah dalam arti luas adalah suatu peristiwa manusia yang memiliki akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani. Untuk memperdalam pengetahuan sejarah, berikut ini pengertian sejarah menurut para ahli.

Inilah 47 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
1. Herodotus
   Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, tetapi bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. Herodotus adalah seorang ahli sejarah berkebangsaan Yunani yang mendapatkan julukan Father of Histor atau Bapak Sejarah. Kerya pertama Herodotus adalah buku Perang Persia yang bercerita tentang perang panjang antara Yunani Kuno dan Persia (510-484 SM).
2. Aristoteles
   Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti kejadian tersusun dalam bentuk kronologi, dan semua peristiwa masa lalu mempunyai catatan dan bukti-bukti yang kuat. Menurutnya, sejarah berbeda dengan puisi dan filsafat. Sejarah berhubungan dengan hal-hal partikular dan hal-hal aktual yang sudah terjadi. Sebaliknya, puisi dan filsafat berhubungan dengan hal universal dal hal-hal yang ada atau mungkin ada.
3. Ibnu Khaldun
   Menurut Ibnu Khaldun yang mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.
4. Moh. Hatta
   Sejarah bukan sekadar melahirkan ceritera dari kejadian masa lalu sebagai masalah. Sejarah tidak sekedar kejadian masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.
5. Moh. Ali
   Pengertian sejarah menurut R.Mohammad Ali adalah keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadia atau ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau. 
6. Moh. Yamin
   Sejarah menurut Moh. Yamin, SH adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan
7. Francis Balcon
   Berdasarkan materi pokokna sejarah berbeda dengan disiplin ilmu lainnya. Sejarah mempelajari hal-hal yang berkisar dalam waktu dan tempat dengan menggunakan ingatan sebagai instrumen esensialnya.
8. Thomas Carlyle
   Pengertian sejarah menurut Thomas Carlyle adalah peristia masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang yang dikenal. Mereka, adalah penyelamat pada zamannya. Mereka merupakan orang-rang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah.  
9. Roeslan Abdulgani
   Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani adalah ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya; dengan masuks untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan-pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres di masa depan. 
10. W.J.S. Poerwadarminta
   Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Poerwadarminta menguraikan tiga pengertian sejarah sebagai berikut :
a. Sejarah adalah kesustraan lama, silsilah, dan asal-usul.
b. Sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
c. Sejarah adalah ilmu pengetahuan, cerita, atau pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
11. J.V. Bryce
   Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
12. Benedetto Croce
   Sejarah merupakan rekaman kreasi jiwa manusia di semua bidang baik teoritikal maupun praktikal. Kreasi spiritual ini senantiasa lahir dalam hati dan pikiran manusia jenius, budayawan, pemikir yang mengutamakan tindakan dan pemburu agama.
13. J. Bank
   Sejarah adalah semua kejadian/peristiwa masa lampau. Sejarah dapat membantu para siswa untuk memahami perilaku manusia pada masa yang lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang. Semua kejadian yang dimaksud dalam pendapat tersebut adalah kejadian atau peristiwa yang berkaitan dengan manusia. Dalam kejadian atau peristiwa tersebut terdapat bagaimana manusia berperilaku.
14. Vico
   Sejarah adalah disiplin ilmu pertama manusia. Menusia hanya dapat mengerti apa yang sudah dibuatnya sendiri.
15. Abramiwitz
   Sejarah adalah suatu runtutan peristiwa yang terjadi pada sebuah kejadian.
16. W.H. Walsh
   Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.
17. Ertis Stern
   Sejarah itu timbul dari suatu persoalan yang hidup dan bahkan melayani hidup masyarakat. Karena itu, sejarah akan berubah-ubah bersama dengan berubahnya waktu, harapan, dan pemikiran rasa cemas yang tumbuh kemudian.
18. Kamus Besar Bahasa Indonesia
a. Asal-usul (keturunan) silsilah
b. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat, tambo, cerita
c. Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau
19. R.G. Collingwood
   Sejarah adalah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.
20. Kuntowijoyo
   Sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris. Bersifat diakronis karena berhubungan dengan waktu. Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan, menceritakan sesuatu. Bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal unik. Selain itu juga bersifat empiris artinya sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.
21. Sunnal dan Haas
   Sejarah adalah studi kronologis dengan menafsirkan dan mencari arti dari peristiwa dan berlalu metode sistematis untuk mengungkap kebenaran.
22. Drs. Sidi Gazalba
   Sejarah sebagai masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kepahaman tentang apa yang berlaku.
23. Rochiati Wiriatmadja
   Sejarah merupakan disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-nilai spiritual, dan kultural karena kajiannya yang bersifat memberikan pedoman kepada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan, dan cerminan pengalaman kolektif yang dapat menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.
24. Costa
   Sejarah dapat didefinisikan sebagai “record of the whole human experinence”. Dimana pada hakikatnya sejarah merupakan catatan seluruh pengalaman, baik secara individu maupun kolektif bangsa dimana masa lalu tentang kehidupan umat manusia.
25. E.H. Carr
   Sejarah adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan masa lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.
26. Robin Winks
   Sejarah adalah studi tentang manusia dalam kehidupan masyarakat.
27. Cleveland
   Sejarah adalah sebuah konsep yang akan dilihat untuk mengenali kehidupan manusia.
28. Wiliam H. Frederick
   Kata sejarah berasal dari bahasa Arab syajaratun yang berarti “pohon” atau “keturunan” atau “asal-usul”. Dalam Bahasa Indonesia menjadi “sejarah”. Menurut kata syajarah atau sejarah berarti gambaran silsilah atau keturunan.
29. Norman E. Cantor
   Sejarah adalah studi tentang apa yang diperbuat, dikatakan, dan dipikirkan oleh manusia pada masa lalu.
30. Taufik Abdullah
   Sejarah harus diartikan sebagai tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu pada masa lampau yang dilakukan di tempat tertentu.
31. Muthahhari
   Ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan, yaitu:
  • Sejarah tradisional, adalah pengetahuan tentang kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.
  • Sejarah ilmiah, adalah pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melalui pendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau.
  • Filsafat sejarah, yaitu pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.
32. Gustafson
   Sejarah merupakan puncak gunung pengetahuan manusia dari mana perbuatan generasi kita mungkin direkam dan dipasang ke dalam dimensi yang tepat.
33. Bernheim
   Sejarah adalah sebuah ilmu yang menelusuri serta menempatkan peristiwa-peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang mengenai perkembangan manusia, baik secara perorangan maupun kolektif, sebagai makhluk sosial dalam hubungan sebab dan akibat, lahir maupun batin.
34. Shefer
   Sejarah adalah peristiwa yang telah lalu dan benar-benar terjadi.
35. Sartono Kartodirdjo
   Sejarah merupakan bentuk penggambaran pengalaman kolektif di masa lalu, dan untuk mengungkapnya dapat melalui aktualisasi dan penetasan pengalaman masa lalu. Menceritakan suatu kejadian adalah cara membuat hadirnya kembali peristiwa tersebut dengan cara pengungkapan verbal.
36. John Tosh
   Sejarah adalah memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut di masa yang akan datang.
37. Robert V. Daniels
   Sejarah adalah memori pengalaman manusia.
38. Ismaun
   Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan tentang kisah mengenai peristiwa-peristiwa yang benar-benar telah terjadi atau berlangsung dalam segala aspeknya pada masa yang lampau. Sejarah merupakan catatan atau rekaman pilihan yang disusun secara teliti tentang segala aspek kehidupan umat manusia pada masa lampau.
39. .V. Brice
   Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
   Pengertian sejarah berbeda dengan pengertian ilmu sejarah. Sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu manusia sedangkan ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia.
40. Leopold von Ranke
   Sejarah adalah apa yang sungguh-sungguh terjadi.
41. Henri Pirenne Iseorang
   Sejarah dimaknai sebagai sebuah kisah mengenai berbagai peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam masyarakat.
42. Nugroho Notosusanto
   Sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau. Sejarah berarti pula kisah mengenai segala peristiwa itu, kisah itu disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa itu.
43. Jan Romein
   Kata “sejarah” memiliki arti yang sama dengan kata history (bahasa Inggris) dan geschichte (bahasa Jerman) yaitu cerita tentang kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau.
44. Henry Steele Commager
   Sejarah merupakan rekaman keseluruhan tentang masa lampau kesusastraan hukum, bangunan, pranata sosial, agama, filsafat, dan semua yang teringat dalam memori manusia.
45. Sir Charles Firth
   Sejarah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangnnya.
46. Sir Charles Firth
   Sejarah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangnnya.
47. Hasan bin Husain al Thuluni
   Karya sejarahnya antara lain An-Nushbah Assaniyyah fi Dzikri al-Khulafa Wa al-Muluk al-Mishriyyah. Karya Hasan ini merupakan ringkasan dari uraian yang dimulai dari masa kehadiran Islam hingga masa pemerintahan Sultan Thuman Baya, penguasa terakhir Mamalik di Mesir. Dalam biografinya, dikatakan bahwa Hasan menulis buku sejarah untuk mencatat berbagai peristiwa

   Demikianlah artikel mengenai pengertian-pengertian sejarah menurut para ahli sejarah. Apabila ada kesalahan dalam penyampaian informasi diatas mohon dimaklumi ya, karena terlalu banyak yang harus dipaparkan. Semoga informasi yang ada dalam artikel diatas dapat menjadi referensi pembelajaran buat kalian semua. Sekian, Terimakasih Telah Berkunjung Sobs ^.^

Tags :
Pengertian sejarah secara bahasa, Pengertian sejarah secara umum
Pengertian lengkap sejarah menurut para ahli sejarah
Sebutkan pengertian sejarah menurut para ahli sejarah !
Contoh pengertian sejarah menurut para ahli sejarah
Apa itu sejarah ? Jelaskan pengertian sejarah menurut para ahli sejarah !
loading...

About Author

Related Post